Sabtu, 20 Oktober 2012

Resep Bakso Ayam Isi Telur Puyuh

Jarang bgt ada yg bilang nggak suka bakso....padahal diluar banyak berita yang buat kita tidak nyaman saat menikmatinya...saya paling suka bakso tulang iga,,,mencoba browser jg baca majalah resep masakan....sambil modifikasi saran dari temen....tapi kali ini tuk bahan bakso saya pakai daging ayam campur udang memanfaatkan bahan yg di freezer dan isi keju serta telur puyuh,,,saya hobby memasak tapi yg praktis dan menyikapi bahan stok seadanya biar tidak terkesan hobbyku ribet,,,siip gampang banget...yuk mencoba masak sehat dari dapur sendiri

Bahan Bakso:
Daging paha ayam 250 gram buang kulitnya cincang
Udang kupas 200 gram cincang
Telur ½ butir kocok lepas
Bawang putih 3 siung haluskan
Garam secukupnya
Merica bubuk secukupnya
1 sdm mentega
1 sdm tepung tapioka
es batu secukupnya
Air 1 ltr untuk merebus


Bahan isi :
Telur puyuh rebus 7 butir
Keju cheddar secukupnya potong dadu kecil
Bawang goreng secukupnya
Seledri secukupnya iris halus
Daun bawang prei secukupnya iris halus
Sawi secukupnya potong2 siram air panas saat mau menyajikan
Bihun seduh 125 gram rendam dalam air dingin

Bahan Kaldu :
Iga sapi 200 gram
Air 1 ltr
Garam secukupnya
Merica bubuk ½ sdt
Merica utuh secukupnya
Bawang putih 3 siung iris tipis
Bawang prei 1 batang potong 2 cm
Batang seledri secukupnya
Minyak goreng 1 sdm


Cara membuat :
1. Bakso : campur semua bahan blender sampai halus bersama dg es batu.
2. Rebus air sampai mendidih,bentuk adonan bulat dg bantuan sendok. Isi sebagian adonan bakso dg telur puyuh. Juga sebagian isi dg keju yg dipotng dadu kecil. Masukkan bakso ke dalam air mendidih. Rebus sebentar kalo bakso mengapung ke permukaan tanda sudah masak. Angkat sisihkan.
3. Kaldu : Cuci bersih iga sapi lalu rebus sebentar dalam air mendidih,cuci lagi, sisihkan. Panaskan panci beri 1 sdm minyak goreng. Tumis bawang putih sampai warna kekuningan bersama merica utuh. Masukkan Iga sapi rebus sampai empuk. Masukkan batang seledri dan daun bawang prei. Bumbui dg garam dan merica sesuai selera.
4. Atur bahan isi ke dalam mangkok, bihun,sawi yg disiram air panas saat mau menyajikan,bakso. Lalu tuang bahan kaldu. Sajikan dg di taburi bawang goreng dan seledri yg diiris halus.


Tambahan :
Sengaja saya beri sedikit tapioka karena sudah ditambahkan telur kocok jg mentega ke dalam adonan bakso untuk menambah tekstur bakso yg lebih halus. Resep ini saya modifikasi dari saran teman juga MAJALAH KOKI. Kalo saya malah sengaja menggunakan bahan daging yg dari freezer tanpa menunggu daging cair...iris kecil2 dan segera blender jadi tdk perlu banyak campuran es batu.







0 komentar:

Posting Komentar